Tren Scrunchie dan Cara Perawatannya

Tren Scrunchie dan Cara Perawatannya

Dunia fashion tidak pernah habis menghadirkan tren-tren baru untuk membuat kita semakin bisa tampil stylish. Tren fashion yang muncul tidak selalu dari tren yang baru dibuat. Terkadang item fashion yang lampau, bisa kembali menjadi tren di era saat ini dan dapat mengalahkan tren yang baru diciptakan. Dalam dunia fashion muslim, ikat rambut berbahan kain atau biasa disebut scrunchie, yang sudah ada sejak abad 60-an, sukses menjadi tren yang diikuti para pecinta fashion


Dilansir dari Merriam-Webster online, Scrunchie berasal dari Bahasa Inggris (scrunch.ie), a fabric-covered elastic used for holding back hair (as in a ponytail). Dari pengertian ini, scrunchie adalah karet yang dibalut dengan kain yang berfungsi untuk mengikat rambut. Scrunchie telah dibuat pada tahun 1960-an oleh seorang pria, Phillips E.Meyers. Namun, pada tahun ini scrunchie belum terlalu dikenal. Pada tahun 1980-an, Rommy Revson, seorang penyanyi dan pianis mencari cara agar rambutnya tidak mudah rusak saat diikat oleh karet rambut. Rommy kemudian menemukan solusi, yaitu menggunakan scrunchie. Nah dari sinilah ZM girls, tren scrunchie mulai kembali muncul. Tahun 2019, scrunchie bahkan sudah digunakan oleh artis-artis Hollywood seperti Ariana Grande, Selena Gomez, Lizzo, dan yang lainnya.


Aksesoris ikat rambut yang biasanya berukuran besar, berbalut kain, dan memiliki motif serta warna yang beragam ini memiliki keunikan sendiri ketika ZM girls menggunakannya. Selain unik, scrunchie juga memiliki manfaat untuk menjaga rambut kita agar tidak mudah rusak dan rontok saat diikat. Penggunaan scrunchie juga cenderung akan membuat kita nyaman dan menghindari rasa sakit pada kulit kepala. Penggunaan scrunchie saat ini juga dapat menunjang gaya kita agar lebih fashionable


Seiring perkembangan tren di dunia fashion muslim, scrunchie yang awalnya hanya digunakan untuk mengikat rambut saja, saat ini dapat digunakan sebagai aksesoris hijab. Kamu dapat menggunakan di luar inner untuk memberikan kesan bagian belakang hijabmu terlihat lebih jenjang dan rapi. Scrunchie juga dapat menjadi solusi agar rambut kamu lebih tertata dan memberikan volume di bagian belakang hijab. 


Dengan berbahan dasar kain, ZM girls tentunya harus rajin untuk merawat scrunchie agar tidak menyimpan banyak kotoran. Membersihkan scrunchie harus lebih sering karena bakteri yang ada di scrunchie, bisa saja menempel ke rambut kita. Cara membersihkannya juga cukup mudah dan disarankan untuk mencuci menggunakan tangan.


ZM girls dapat mengisi sebuah wadah dengan air hangat dan masukan beberapa tetes deterjen atau pelembut kain. Biarkan selama 15-30 menit, tergantung seberapa kotor scrunchie kamu. ZM girls tinggal menggosoknya dengan lembut, peras, lalu keringkan. Saat memeras juga disarankan tidak terlalu kencang agar tidak menimbulkan lipatan tambahan pada scrunchie kamu. Cara ini harus rutin dilakukan agar scrunchie ZM girls selalu siap saat mau digunakan, dan ZM girls dapat terhindar dari masalah-masalah baru pada kulit kepala dan rambut, seperti ketombe dan rambut rontok.


Nah, itu dia sedikit sejarah awal mula tren ikat rambut kain atau scrunchie ini berasal, serta cara perawatannya. Saat ini banyak sekali model scrunchie dengan berbagai bahan yang akan membuat kamu semakin nyaman. Jangan sampai salah pilih bahan dan jangan malas untuk membersihkan serta merawat scrunchie kamu ya ZM girls, semoga bermanfaat!